Kamis, 18 Agustus 2011

MUSIK KARAWITA MAMPU MENURUNKAN AGRESIFITAS?

Indonesia memiliki khasanah musik tradisional yang amat luas yang sampai saat ini masih belum dikembangkan dengan baik. Di samping itu, sejumlah karya pencipta lagu Indonesia merupakan hasil karya musik yang indah. Sebagian di antaranya pernah memperoleh penghargaan internasional. Kiranya hal ini perlu memperoleh perhatian yang lebih serius dari lembaga pemerintah serta para peneliti.
Gamelan Jawa merupakan seperangkat instrumen sebagai pernyataan musikal yang sering disebut dengan istilah karawitan. Karawitan berasal dari bahasa Jawa rawit yang berarti rumit, berbelit-belit, tetapi rawit juga berarti halus, cantik, berliku-liku dan enak. Kata Jawa karawitan khususnya dipakai untuk mengacu kepada musik gamelan, musik Indonesia yang bersistem nada non-diatonis (titinada [laras] slendro dan pelog) yang garapan¬-garapannya menggunakan sistem notasi, warna suara, ritme, memiliki fungsi, pathet dan aturan penggarapan dalam bentuk sajian instrumentalia, vokalia dan campuran yang indah didengar (Purwadi & Widayat, 2006).
Seni gamelan Jawa mengandung nilai-nilai historis dan filosofis bagi bangsa Indonesia. Dikatakan demikian sebab gamelan Jawa merupakan salah satu seni budaya yang diwariskan oleh para pendahulu dan sampai sekarang masih banyak digemari serta ditekuni. Secara hipotetis, Brandes (1889) mengemukakan bahwa masyarakat Jawa sebelum adanya pengaruh Hindu telah mengenal sepuluh keahlian, di antaranya adalah wayang dan gamelan. Menurut sejarahnya, gamelan Jawa juga mempunyai sejarah yang panjang. Seperti halnya kesenian atau kebudayaan yang lain, gamelan Jawa dalam perkembangannya juga mengalami perubahan-perubahan. Perubahan terjadi pada cara pembuatannya, sedangkan perkembangannya menyangkut kualitasnya. Dahulu pemilikan gamelan ageng Jawa hanya terbatas untuk kalangan istana. Kini siapapun yang berminat dapat memilikinya sepanjang bukan gamelan-gamelan Jawa yang termasuk dalam kategori pusaka. Secara filosofis gamelan Jawa merupakan satu bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Jawa. Hal demikian disebabkan filsafat hidup masyarakat Jawa berkaitan dengan seni budayanya yang berupa gamelan Jawa serta berhubungan erat dengan perkembangan religi yang dianutnya (Purwadi & Widayat, 2006).
Bagi masyarakat Jawa gamelan mempunyai fungsi estetika yang berkaitan dengan nilai – nilai social, moral, dan spiritual. Gamelan adalah alat kesenian yang serba luwes. Gamelan dapat digunakan untuk mendidik rasa keindahan seseorang. Orang yang biasa berkecimpung dalam dunia karawitan, rasa kesetiakawanan tumbuh, tegur sapa halus, tingkah laku sopan. Semua itu karena jiwa seseorang menjadi halus seperti gendhing – gendhing. (Trimanto, 1984)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar