Selasa, 02 Agustus 2011

MANFAAT MUSIK DALAM MENGATASI DEPRESI

TERAPI musik dapat digunakan untuk menyempurnakan perawatan depresi paling tidak untuk jangka pendek, kata para peneliti di Finlandia, belum lama ini. Teknik ini menggunakan komunikasi non-verbal untuk membantu pasien menyatakan perasaannya.
Kajian terhadap 79 orang yang diterbitkan di British Journal of Psychiatry tersebut memperlihatkan perbaikan kesehatan dibandingkan para pasien yang menerima terapi standar. Para ahli Inggris mengatakan musik kemungkinan melibatkan orang dalam cara-cara yang tidak dapat dilakukan kata-kata.

Ahli terapi musik dimanfaatkan untuk membantu anak-anak yang kesulitan berkomunikasi. Memainkan alat musik dan bernyanyi dengan ahli yang terlatih seharusnya dapat membantu anak menyatakan diri.

Dalam kajian ini semua pasien depresi menerima penyuluhan dan obat standar. Tetapi tiga puluh tiga orang di antaranya juga diberikan 20 sesi dengan ahli terapi musik terlatih, yang di antaranya berupa latihan memainkan drum.

Setelah tiga bulan, pasien penerima terapi musik menunjukkan perbaikan besar dalam hal penurunan depresi dan kecemasan dibandingkan kelompok lain pasien. Meskipun demikan tidak terjadi perbaikan secara statistik setelah enam bulan.

Professor Christian Gold, dari Universitas Jyvskyl, mengatakan, “Percobaan kami menunjukkan terapi musik, jika ditambahkan pada perawatan umum dapat membantu perbaikan tingkat depresi dan kecemasan.”

“Terapi musik memikili kualitas tertentu yang memungkinkan orang menyatakan diri dan berinteraksi tanpa kata-kata, bahkan pada keadaan di mana mereka tidak dapat menemukan kata-kata untuk menjelaskan pengalaman di dalam jiwa,” ujarnya seperti dikutip BBC Indonesia, Senin (1/8).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar