Sabtu, 30 Juli 2011

MUSIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Musik sebagai sarana pembelajaran yang mungkin merupakan cara yang banyak dipilih oleh sebagian orang. Musik merupakan gabungan instrumen, melodi yang menyatu dengan lirik. Terkadang musik bukan hanya sebagai media pembelajaran, namun musik juga merupakan media perantara. Musik dapat membuat konsentrasi seseorang menjadi lebih rileks, tenang, dan juga lebih fokus.Mungkin hal inilah yang membuat beberapa orang itu memilih untuk menggunakan musik sebagai media pembelajaran.
Berbagai macam manfaat yang terdapat dalam aliran suara (musik). Sudah banyak orang-orang yang mungkin mengetahui hal ini, namun mereka tidak begitu memperdulikan manfaat yang sesungguhnya. Pihak yang sebut saja sedikit perduli dengan hal ini mulai mempraktekkannya dalam  kehidupan sehari-hari, contoh yang paling dekat dengan kita adalah media pembelajaran anak-anak yang dalam bentuk nyanyian penyanyi cilik atau sebagainya. Melalui media pembelajaran ini seorang anak kecil akan lebih tertarik dengan sebuah musik dibandingkan mereka sengaja dipaksa untuk belajar. Melalui musik mereka dapat bernyanyi sekaligus otomatis mereka hafal nyanyian yang mereka sukai. Secara tidaklangsung mereka sudah belajar tanpaadapaksaan secara langsung yang mungkin saja membuat mereka tidak menyukainya.
Musik dapat lebih membantu untuk mengaktifkan kerja otak kanan manusia. Seperti yang kita ketahui otak kanan merupakan hal penunjang dalam segi kepintaran. Benar saja ketika kita menggunakan media musik sebagai media pembelajaran, otak kita terasa mengalir begitu saja, mungkin alasan inilah yang menyebabkannya. Namun ketika otak kita sudah mencapai titik kejenuhan, kita dapat memutar musik yang membuat suasana menjadi lebih santai dan rileks.
Alasan-alasan inilah yang membuat musik menjadi andalan yang tepat sebagai media pembelajaran. Disamping itu juga musik dapat membantu kita untuk menenangkan suasana yang ada dengan pilihan musik yang tepat pula. Dapat disimpulkan musik sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang kerja otak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar