Kamis, 15 September 2011

Main Musik Sejak Dini Cegah Tuli Akibat Penuaan

Manfaat bermain musik bagi kesehatan telah banyak diungkap oleh para ilmuwan. Selain bisa menunda pikun dan memperbaiki saraf motorik pada pengidap Parkinson, musik juga dapat mencegah timbulnya masalah pendengaran pada orang tua.

Makin dini memulai permainan musik, makin besar manfaatnya bagi telinga dan sistem pendengaran. Penelitian di Baycrest's Rotman Research Institute menunjukkan, seseorang yang mulai belajar memainkan alat musik sejak usia 16 tahun bisa menunda tuli akibat proses penuaan hingga 20 tahun.

"Kami menemukan bahwa menjadi musisi sejak dini bisa menjaga kemampuan auditory (pendengaran) dari kerusakan yang berhubungan dengan proses penuaan," ungkapBenjamin Rich Zendel yang memimpin penelitian tersebut, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (14/8/2011).

Dalam penelitiannya, Zendel melibatkan 74 orang musisi dan 89 orang yang awam tentang alat musik. Partisipan yang dikategorikan sebagai musisi memiliki kriteria belajar memainkan alat musik sejak usia 16 tahun dan masih tekun memainkan musik saat penelitian berlangsung.

Oleh para ilmuwan, seluruh partisipan ditempatkan dalam satu ruangan kedap suara untuk menghindari gangguan dari lingkungan yang bising dan bisa mengganggu hasil pengamatan. Setelah itu, para ilmuwan memperdengarkan suara-suara tertentu kemudian memberi penilaian.

Hasil penelitian menunjukkan, partisipan dari kelompok musisi masih memiliki mampu mendengarkan pembicaraan dengan cermat pada usia 70 tahun. Kemampuannya setara dengan kelompok partisipan yang awam tentang musik pada usia 50 tahun, sehingga disimpulkan musik bisa memunda tuli hingga 20 tahun.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa kadang-kadang bermain musik justru bisa memicu gangguan pendengaran. Gitaris band The Who asal Inggris, Pete Townshend saat ini mengalami tuli sebagian dan diduga kuat pemicunya adalah suara gitarnya sendiri.

Di kalangan pemain musik, suara yang terlalu keras dan terus menerus memang menjadi pemicu terbesar gangguan pendengaran terutama tinnitus atau telinga berdengin. Karena itu jika ingin mendapat manfaat dari bermain musik, pastikan suaranya tidak terlalu keras dan ada cukup waktu bagi telinga untuk beristirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar